Ada Hikmah Dibalik Virus Corona Yang Mematikan

hikmah corona virus

Wabah virus Corona yang awal ditemukannya di kota Wuhan telah menimbulkan kepanikan secara global.Penyebaran virus yang begitu cepat menular ke sesama manusia telah menginfeksi ke hampir seluruh negara yang ada di muka bumi ini.

hikmah corona

Dikutip dari Worldmeters.info Jumlah orang yang terinfeksi Covid-19 per 02 April 2020 telah menjangkiti 935.581 orang.Dan telah merenggut nyawa 47.223 manusia dan orang yang berhasil disembuhkan sejumlah 194.260 orang.

Alhasil dihampir semua negara menerapkan beberapa kebijakan seperti penutupan wilayah seperti LockDown maupun karantina wilayah secara ketat untuk memutus rantai penyebaran Covid 19.

Di Indonesia,Joko Widodo selaku presiden mengeluarkan Peraturan Pemerintah ( PP ) No.21 Thn 2020 Tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).Ini didasarkan pertimbangan mengenai karakteristik warga serta geografis Indonesia yang berupa kepulauan.

Hikmah dibalik Pandemi Covid 19

Untuk memutus rantai penyebaran virus ini diberlakukan social distancing.

Apa sih yang dimaksud social distancing? Social distancing merupakan pembatasan jarak orang satu dengan yang lainnya.

Selain social distancing,dalam situasi yang seperti ini alangkah bijak kalo kita lebih baik memilih #dirumahaja untuk menghindari lebih banyak kontak dengan orang lain.

Nah,akibat diberlakukan social distancing ada dampak positif yang dirasakan oleh manusia itu sendiri maupun alam lingkungan kita.Apakah itu?simak berikut ini.

  • Keharmonisan Keluarga
Datangnya corona membuat keluarga lebih harmonis

Kesibukan rutinitas setiap hari,seringkali membatasi hubungan keluarga dirumah.Setiap pagi,orang tua sudah mempersiapkan diri untuk bekerja dan anak anak harus berangkat ke sekolah.

Mereka bisa berkumpul bersama sama sore atau malam hari,Itupun kalo kerjaan orang tau dituntut untuk pulang lebih malam,maka bisa jadi pulang anak anak sudah tertidur.

Moment #DiRumahAja membuat hubungan anak dan orang tua lebih sering berinteraksi dan bisa lebih menguatkan ketahanan keluarga.

  • Sadar Akan Kesehatan dan Kebersihan Lingkungan
cara cuci tangan yang baik

Badan kesehatan Dunia WHO mengatakan bahwa langkah awal untuk mengurangi penularan Virus Corona adalah dengan rajin rajin mencuci tangan.

Setiap masuk rumah atau habis berkegiatan diluar sebaiknya rutin melakukan cuci tangan menggunakan sabun.Karena sabun mampu untuk mematikan bakteri atau virus yang menempel.

Berperilaku hidup sehat juga bisa diterapkan dengan menjaga kebersihan lingkungan.Karena lingkungan yang bersih bisa menjadikan tolak ukur pengembangan suatu penyakit.

  • Hemat Pengeluaran
keluarkan biaya yang dibutuhkan saja

Social Distancing membuat masyarakat lebih memilih untuk tetap berada didalam dirumah.Ini artinya bisa menekan pengeluaran yang tidak perlu,

Seperti pengurangan konsumsi BBM,meskipun kecil tapi akan sangat efektif menekan biaya kebutuhan dangan lebih memilih memprioritaskan pengeluaran untuk kebutuhan pokok seperti kebutuhan akan makan.

  • Kesegaran Udara Alam

Diberbagai kota kota besar yang sering disibukkan oleh kepadatan lalu lintas yang sering kali membuat kemacetan,dengan adanya Corona ini,jalanan menjadi lengang dan polusi udara sangat berkurang drastis.

Alam bisa membenahi dirinya manakala polusi udara yang disebabkan knalpot kendaraan berkurang tajam akibat penerapan social distancing dan himbauan untuk berada #dirumahaja.

Corona Virus telah mengakibatkan jutaan manusia kehilangan pekerjaan dan membuat kebutuhan hidup semakin sulit.

Banyak harapan supaya Virus yang mematikan ini akan cepat bisa diatasi,mengingat sampai saat ini vaksin virus Corona masih belum ditemukan.

Para ahli diberbagai negara sudah berlomba lomba untuk mencari solusi untuk mendapatkan obat/vaksin.

Semoga badai ini akan cepat berlalu! Amin

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp