Belajar Bertanam Dengan Hidroponik Untuk Pemula

belajar tentang hidroponik

Tidak punya lahan untuk berkebun? Sekarang jika anda ingin berkebun tetapi tidak memiliki cukup lahan,anda bisa gunakan teknik Hidroponik.Dengan menggunakan teknologi secara sederhana,anda bisa memiliki kebun sendiri di rumah atau pelataran rumah anda meskipun anda tidak memiliki lahan yang cukup luas.

Selain itu,tanaman atau sayuran yang dihasilkan melalui metode Hidroponik lebih bersih dan terbebas dari hama penyakit yang didapatkan dari tanah.

Hidroponik adalah

hidroponik adalah
Gambar.Pixabay

Berasal dari bahasa Yunani kuno Hydro yang memiliki arti air dan Ponos yang artinya Daya.Kedua kata tersebut jika dipadukan memiliki makna kekuatan atau daya air ( jika di artikan dalam budidaya tanaman akan memiliki makna media tanam yang dimiliki air akan memiliki suatu daya ).

Jadi Hidroponik adalah suatu metode/cara bertanam menggunakan media air yang diberikan nutrisi supaya tumbuh kembang tanaman tersebut lebih cepat dan mudah.

Kelebihan Dan Kekurangan Sistem Hidroponik

Sistem tanam hidroponik memang mudah dan simpel untuk dikerjakan,namun bukan berarti hidroponik super sempurna.Ada beberapa kekurangan dan kelebihan jika anda memilih metode hidroponik untuk bercocok tanam.

Sayuran hidroponik saat ini sudah banyak dikembangkan di Indonesia. Budidaya tanam dengan hidroponik memiliki beberapa keuntungan antara lain tidak membutuhkan lahan luas, bisa diusahakan sepanjang tahun, menambah pendapatan rumah tangga, dan membantu menciptakan lingkungan (udara) bersih dan sehat di sekitar rumah.

   Kelebihan Hidroponik

– Tidak Butuh Lahan Yang Luas

tanaman Hidroponik bisa ditempatkan di sebuah pipa atau botol bekas yang diletakkan di dinding atau teras rumah.Jadi tidak perlu membutuhkan lahan yang luas.

– Hidroponik Mudah dikerjakan

   untuk menyuburkan media tanam,biasanya dibutuhkan pupuk atau cacing untuk menggemburkan tanah.Di hidroponik,cukup memberi nutrisi pada air yang dipergunakan sebagai medianya.

– Bersih Dan sehat

sayuran atau buah yang ditanam memakai sistem ini,akan lebih bersih karena tidak ada tanah.Dan juga tanaman yang dihasilkan akan lebih terbebas dari hama penyakit yang menyerang.

  Kekurangan Hidroponik

– Biaya Mahal

Sebagai pemula,tentu akan banyak mengeluarkan biaya untuk membuat instalasi hidroponik.Apalagi skala yang lebih besar,pasti membutuhkan instalasi yang banyak,dan ini berbading dengan biaya yang diperlukan.

– Ketrampilan Khusus

menanam dengan hidroponik membutuhkan ketelitian dalam mengukur pH air dan dibutuhkan juga ketrampilan dan kesabaran dalam membibit tanaman,menyemai dan juga perawatan.

Beberapa kesulitan yang dihadapi dalam menanam hidroponik sesungguhnya bisa diatasi dengan mudah.Dikarenakan banyak sekali panduan panduan cara bertanam  hidroponik bagi pemula yang beredar di internet.

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp